Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex

Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex
Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex
Sebelumnya, apakah kalian pernah menonton atau tahu dengan kartun anime yg berjudul Charlotte ? Singkat cerita film itu bercerita tentang dunia alternatif yg dimana beberapa orang memilki kekuatan khusus sejak menginjak masa pubertas dikarenakan komet charlotte yg selalu melewati bumi 75 tahun sekali dan menyebarkan serbuk-serbuknya. Dalam film ini, ada hal yang menarik perhatian buat saya dan terbilang baru untuk didengar yaitu kata “Sister-Complex”. Saya mencari tahu dan ingin menuliskan ini sebagai pengetahuan umum buat kita semua, terutama untuk seorang kakak (yap saya juga termasuk seorang kakak). Jadi, apa yang dimaksud dengan “Sister-Complex” ? Saya akan mengambil contoh dari film ini agar kalian bisa lebih mudah untuk mengerti. Let us read it.

Note!!

POTENTIALLY SPOILER ALERT

1. Over-Protective sama adik = Ciri utama Sister-Complex

Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex

Sneak Peek Charlotte via http://littlecloudcuriosity.com

Dalam film ini, ada sepasang kakak-beradik yg tinggal bersama tanpa orang tua di apartement kecil. Sang adik berperan layaknya seorang ibu kepada kakaknya. Hal itu terlihat dari perannya dalam mengurus kakaknya seperti menyiapkan makan malam atau menanyakan kabar dia sewaktu sekolah. Walau sang kakak terbilang cuek kepada adiknya tapi dalam hati ia sangat menyayangi adiknya yg selalu mengurusnya. Hingga pada satu situasi yang memunculkan sikap dari sang kakak untuk tidak ingin kehilangan dari adiknya. Dari situasi ini muncul sebuah konsep dari rasa sayang sang kakak terhadap adik yg disebut “Sister-Complex”. Awalnya saya kira konsep ini hanyalah bentuk kasih sayang kakak kepada adik tapi ternyata lebih dari itu.

“Sister-Complex” atau Saudari-Kompleks adalah kondisi psikologis seorang anak, biasanya di usia remaja atau awal umur dua puluhan, yang menginginkan kasih sayang tak terbalas dari adiknya. Faktor utama yang menjadi pemicu dari kondisi ini adalah sikap over-protective kepada atau dari adik.

2. Sister-Complex dapat Berpotensi Memunculkan Fantasi Seksual yang Terlarang

Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex

Sneak Peek Charlotte via http://wordsofconfession.wordpress.com

Dari sikap over-protective seorang kakak yg berlebihan menjadi faktor utama munculnya kondisi ini jika tidak bisa dikontrol. Potensi yg dapat muncul dan tidak diinginkan dari seorang kakak dikarenakan Sister-Complex” adalah fantasi seksual yg terlarang dan berujung pada pengakuan. Mirip dengan Oedipus Complex tapi di konteks yg berbeda. Akan tetapi, menurut saya, masalah dari Sister-Complex yg mudah terlihat adalah muncul rasa cemburu dari sang kakak dikarenakan perhatian adik lebih banyak diberikan kepada orang lain daripada ia.

Contoh

Sang adik lebih tertarik kepada teman kakaknya yg ternyata seorang idola dikarenakan adiknya adalah penggemar dari idola tersebut. Kakaknya menjadi cemburu dikarenakan adik lebih banyak menanyakan kabar temannya daripada ia.

3. Sister Complex Tidak Se-ekstrem Oedipus atau Electra Complex

Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex

Sneak Peek Charlotte via http://moonlitasteria.wordpress.com

FYI

Oedipus Complex adalah kondisi emosi dari seorang anak untuk memiliki hubungan seksual dengan orang tuanya yg lawan jenis (contoh mudahnya yg bisa dibilang mirip tapi bukan berarti sama adalah sangkuriang dengan dayang sumbi). Biasanya term ini diterapkan untuk anak laki-laki sedangkan perempuan disebut dengan Electra Complex.

Dibanding dengan kedua term di atas, “Sister-Complex” masih belum dianggap berbahaya menurut saya jika masih berada di fase rasa cemburu dari sang kakak. Walau faktor yg paling tidak diinginkan adalah munculnya fantasi seksual, “Sister-Complex” lebih mudah untuk dikontrol karena faktor utama yg ingin dicapai adalah mendapatkan rasa kasih sayang atau perhatian dari adik kepada kakak sehingga tidak sampai pada ketertarikan secara seksual.

4. Conclusion, Sister Complex Pasti Dimiliki oleh Setiap Orang

Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex

Charlotte Cover via http://myanimelist.net

Untuk menutup artikel ini, saya menyimpulkan bahwa “Sister-Complex” dimiliki oleh setiap orang terutama bagi seorang kakak seperti saya. Akan tetapi, tidak menjadi masalah besar bagi kita untuk kondisi ini asalkan rasa sayang sebagai kakak kepada adik adalah ketulusan untuk melindungi seperti halnya orang tua kepada anaknya. Karena seorang kakak yg menjadi salah satu guru dan inspirasi utama dari adik untuk belajar mengenai kehidupan.

5. BONUS

Terlalu Over-Protective Sama Adik? Hati-Hati Kamu Mengidap Sister-Complex

Sneak Peek Charlotte via http://animevice.wikia.com

This post is written as come from my willingness to share info of about unique things. Thank you for reading this article. Feel free to comment and add more information about it so there will be more insight not just for me but for all of us.

Sumber

Hipwee

Follow Penulis di twitternya @awe0707

Jangan Nonton Anime Kalau Nggak Mau Jadi Begini!
Jika Linknya Error atau ada pertanyaan lainnya, silahkan segera kirim curhatannya ke FP CrotBrut'z :D
Jangan lupa kunjungi Blog CrotBrut'z Tech untuk dapetin Tips & Tricks keren!!

Leave a Comment

*